Selamat datang di Flores Island

Teknologi Terbaru WIFI

Rabu, 28 November 20120 komentar

Ketika kita membicarakan tentang Wi-Fi (wireless Fidelity) maka yang ada dalam benak kita tentunya sesuatu hanya yang bisa membuat kita ber-internet-an ria dengan memanfaatkan jaringan Hotspot yang ada tapi sebenarnya WiFi dapat digunakan untuk bermacam kegunaan seperti mensinkronisasikannya dengan HP, Kamera digital, ataupun TV yang pasti bisa dihubungkan dengan alat elektronik yang sudah support wireless sehingga membuat kita dapat berkreatifitas dalam berbagai hal.. Sebelum kita membicarakan lebih jauh tentang WiFi ada baiknya kita mengetahui pengertiannya terlebih dahulu.

Wi-Fi merupakan kependekan dari Wireless Fidelity, yang memiliki pengertian yaitu komplotan standar yang digunakan untuk Jaringan Lokal Nirkabel (Wireless Local Area Networks - WLAN) yang didasari pada spesifikasi IEEE 802.11. Standar terbaru dari spesifikasi 802.11a atau b, seperti 802.11 g, saat ini sedang dalam penyusunan, spesifikasi terbaru tersebut menawarkan banyak peningkatan mulai dari luas cakupan yang lebih jauh hingga kecepatan transfernya
(Wireless Fidelity) adalah koneksi tanpa kabel seperti handphone dengan mempergunakan teknologi radio sehingga pemakainya dapat mentransfer data dengan cepat dan aman. WiFi tidak hanya dapat digunakan untuk mengakses internet, WiFi juga dapat digunakan untuk membuat jaringan tanpa kabel di perusahaan (WAN).

Marvell Kembangkan WIFI 100X lebih Cepat
 Produsen chipset AS, Marvell yang didirikan oleh orang Indonesia, Sehat Sutardja bekerja sama dengan perusahaan asal Israel, Wilocity dalam pengembangan chipset tri-band WiFi yang bisa beroperasi di spektrum 2,4 GHz, 5 GHz, dan 60 GHz. 
Spektrum 60 GHz adalah frekuensi yang digunakan sebagai standardisasi teknologi Wifi baru 802.11ad yang nantinya bisa menawarkan kecepatan download 7 Gbps, bahkan di saat jaringan paling padat sekalipun. Dengan kecepatan 7 Gbps, itu artinya 100 kali lebih cepat dari akses tercepat yang kita terima dengan teknologi Wifi saat ini yang hanya bekerja dengan kecepatan 6 Mbps. Chipset baru untuk teknologi Wifi ini diproyeksi akan tersedia mulai tahun depan dan baru bisa dijual pada tahun 2014.
Dengan adanya chipset Triband ini maka mengakses internet lewat jaringan Wifi akan semakin kencang. Pada kecepatan ini, tri-band WiFi akan bisa melakukan streaming film dan game action video langsung pada saat yang bersamaan pada beberapa perangkat. Ini juga berarti bahwa WiFi ini dapat menjadi alternatif  jaringan kabel untuk usaha kecil dan menengah
Teknologi WIFI terbaru Broadcom
Teknologi Wifi terbaru, 802.11ac, diumumkan secara resmi oleh sebuah perusahaan semikonduktor yang bernama Broadcom hari ini, dan rencananya akan diperlihatkan di ajang CES minggu depan.
Broadcom mengumumkan seri pertama dari chip IEEE 802.11ac yang dibuat berdasarkan teknologi WiFi generasi kelima (5G).
Menurut kabar yang beredar, WiFi 5G ini berbeda dengan teknologi selular yang kini sedang memasuki generasi keempat (4G). Dan kecepatan WiFi 5G ini 3x lebih cepat dari WiFi 4G (802.11n) dan 6x lebih hemat energi.
Broadcom sendiri rencananya akan merilis tiga produk seri awal dari WiFi 5G. Produk ang pertama dengan kecepatan hingga 1,3Gbps dengan nama BCM4360, seri BCM43526 dengan kecepatan hingga 867Mbps, dan seri low end dengan USB, BCM43516 yang memiliki kecepatan hingga 433Mbps.
Sampel produk Broadcom ini sudah dikirimkan ke beberapa  vendor partner mereka seperi Motorola, Microsoft, LG, dll untuk di uji coba dan dikembangkan.



Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Cara Gampang | Creating Website | Johny Template | Mas Templatea | Pusat Promosi
Copyright © 2011. Ebed Allan Derosary - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modify by CaraGampang.Com
Proudly powered by Blogger