Selamat datang di Flores Island

Pantai Kajuwulu Mempesona di Bibir Tanjung

Minggu, 24 November 20130 komentar

Berkendara sejauh ± 20 kilometer arah barat kota Maumere, melintasi jalan Negara Trans Utara Flores, Tak sampai sejam kita akan menjumpai pantai Kajuwulu. Pesisir pantai yang memiliki pasir putih dibeberapa tempat ini berhadapan langsung dengan bukit-bukit tandus yang berdiri garang didepannya. Tentu akan nampak hijau ketika musim hujan tiba. Bukit-bukit natural yang berdiri kokoh ini seakan turut menambah keindahan lukisan alam.Sebelum sampai tepat di ketinggian bukit di tanjung Kajuwulu, sebelum bukit pertama, kita akan menikmati pasir putih pantai Kajuwulu dengan bentangan pasir putih sepanjang ± 100 meter. Pantai ini juga ramai dikunjungi karena persis di pinggir jalan. Sekitar 20 pohon bakau terlihat berjejer di dalam laut, dan beberapa pohon nampak sudah mati. Pengunjung memanfaatkan pohon asam dan beberapa pohon lainnya buat melindungi diri dari sengatan mentari.Pepohonan dan rumput  sepanjang bukit mati terbakar akibat ulah tangan – tangan jahil.Anda tak perlu berpuas diri dahulu, ini masih pantai pertama yang dikunjungi.

Pantai Kedua dan Bukit Batu 

Menanjak sejauh tiga ratus meter kita akan menjumpai pantai kedua dengan bentangan pasir putih  sepanjang ± 400 meter yang berada di tengah teluk dengan rindang pohon bakau di pesisirnya. Dua bukit  berdiri kokoh mengapitinya. Kita bisa menatap sisi dinding – dinding batu terjal berlubang akibat tergerus ombak yang terlihat seperti dipahat. Selain berderet merimbun di bibir pantai, bakau juga bak berbaris di tertanam di laut. Puas menikmati pantai, kita bisa mendaki menuju salib di puncak bukit meniti 300 anak tangga. Salib nan megah persis berada tepat di ketinggian jalan berhadapan dengan batu – batu terjal dan tanah nan tandus di lereng sebelah jalan menurun ke tebing laut. Pemandangan dari puncak bukit sungguh luar biasa cantiknya. Laut biru terbingkai liukan garis pantai berpasir putih. Beberapa bagian di laut menampilkan warna hijau nan mempesona. Jalan beraspal mulus menanjak dan berkelok menambah keindahan lukisan alam yang terpampang.

Rawah  dan Rindangnya Pohon

Puas berada di ketinggian bukit Tanjung dan menatap pantai kedua, kita akan berjalan menurun menuju pantai ketiga yang terletak di teluk sebelah bukit.Dari atas puncak jalan Tanjung kita disuguhi rimbunnya pohon bakau dan pohon lainnya. Terdapat rawa –rawa di beberapa tempatnya dengan deretan pohon waru yang rimbun. Pantai ini kelihatan  masih belum dijamah. Ini terlihat dari semak belukar  yang tumbuh tak beraturan dan rawa – rawa di sekitarnya. Pengunjung juga hampir tak ada yang mampir ke sini. Ini terlihat dari tak adanya jalan setapak dan jejak roda kendaran bermotor walau jaraknya cuma tiga meter samping jalan negara.

Pesona panorama di ketiga pantai ini sungguh tidak dapat dilukiskan dengan sempurna, betapa indahnya. Pantai Kajuwulu memiliki riak air yang tenang jernih kebiruan, dan cocok untuk bersnorkling mengingat juga terdapat biota terumbu karang yang hidup subur di perairan ini. Bukit sabana membentang meliuk indah mencipatan warna kontras di garis pantai. Dengan pesona  pantai berpasir putih , laut biru dan hijau yang tenang dan indah serta  biota laut yang memukau membuat siapapun akan puas berada di Tanjung dan Pantai Kajuwulu. Berada di Maumere belum lengkap bila tidak mampir menikmati pesona Tanjung dan pantai Kajuwulu. 

 

Ebed de Rosary : wartawan media online  Flores Bangkit, www.floresbangkit.com

Blogg : derosaryebed.blogspot.com  dan  ebedallanderosary.blogspot.com


Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Cara Gampang | Creating Website | Johny Template | Mas Templatea | Pusat Promosi
Copyright © 2011. Ebed Allan Derosary - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modify by CaraGampang.Com
Proudly powered by Blogger