Selamat datang di Flores Island

Bila Tidak Bisa Bertahan, Kegiatan Koperasi Dibekukan

Sabtu, 30 November 20130 komentar


Dinas Koperasi dan UMKM (usaha mikro,kecil dan manengah) kabupaten Sikka sejak tiga tahun terakhir memberikan suntikan dana penyertaan modal bagi koperasi dan UMKM di kabupaten Sikka. Hal ini ditegaskan kepala dinas Koperasi dan UMKM kabupaten Sikka,Dra.Yaku Ripa yang ditemui Floresbangkit.com di Maumere, Senin (18/11/2013). Dinas Koperasi dan UMKM kabupaten Sikka menggandeng Pusat Studi Ekonomi dan Kebijakan Publik ( PSE – KP ) Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta, mengidentifikasi profil dan strategi pengembangan koperasi dan UMKM di kabupaten Sikka. “ Bulan depan hasil kajian sudah didapatkan dan menjadi pegangan kami dalam mengembangkan koperasi dan UMKM di kabupaten Sikka “ tegasnya.

Kredit Macet Kecil

Tahun 2013 dinas koperasi dan UMKM kabupaten Sikka memberikan penyertaan modal bagi 16 koperasi dan pra koperasi serta 48 usaha kecil dan manengah.           “ Hingga tahun ini dari dana yang diberikan sudah ada pengembalian sebesar 2 miliar lebih “ ujar Kadis Yaku. Menurut Yaku, dari dana penyertaan modal yang diberikan, persentase kredit macetnya sangat kecil. “ Suntikan dana tersebut, rata - rata dimanfaatkan secara maksimal buat pengembangan usaha sehingga hampir tidak ada kredit macet “ sebut Yaku. Selain itu, tambah Yaku, dinas koperasi juga melakukan pendampingan, bimbingan, pelatihan management dan kewirausahaan. Data yang didapat menyebutkan pendapatan yang diraih koperasi di kabupaten Sikka di tahun 2011 hingga 2012 mengalami peningkatan sebesar 38 persen. Yaku juga memberikan apresiasi atas prestasi koperasi di kabupaten Sikka. “ Kita boleh berbangga karena dengan hasil kerja keras kita mendapat penghargaan sebagai kabupaten penggerak koperasi “ sebutnya.


Amalgamasi

Pemberian modal juga perlu dibarengi dengan pengawasan agar bisa dicari solusi ketika terjadi permasalahan yang membelit koperasi. Dinas koperasi dan UMKM kabupaten Sikka,disebutkan Yaku, melakukan pembinaan kepada koperasi yang bermasalah  dan bila tidak bisa dipertahankan maka kegiatan usahanya dibekukan. Amal Gamasi (akuisisi) juga ditempuh biar koperasi tersebut bisa bertahan. “ Sementara ada dua koperasi yang sedang kami urus. Yang penting tahap dan prosesnya dilalui “ sebut Yaku. Wabup Sikka, Drs. Paolus Nong Susar dalam acara FGD mengenai koperasi dan UMKM di hotel Sylvia,Senin (30/09/2013) berharap agar koperasi bisa terus berkembang dan menjadi soko guru ekonomi kabupaten Sikka. Wabup mengkritik pengembangan koperasi yang secara kwalitas belum dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan menyitir ungkapan Pater Bollen di tahun 60-an yang menyebutkan bahwa koperasi adalah alat ekonomi di Flores untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Iknatius Iking, pengurus koperasi Hiro Heling yang ditemui floresbangkit.com di kegiatan kelompok tani, Senin (28/10/2013) mengharapkan agar pemerintah memberikan bantuan bagi pengembangan koperasi dan UKM yang berprestasi. “ Kita berharap agar  pemerintah bisa terus membantu Koperasi dan UKM sehingga bisa bertumbuh menjadi soko guru ekonomi di kabupaten Sikka “ harapnya. ( Ebed )

Ebed de Rosary : wartawan media online  Flores Bangkit, www.floresbangkit.com
Blogg : derosaryebed.blogspot.com  dan  ebedallanderosary.blogspot.com

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Cara Gampang | Creating Website | Johny Template | Mas Templatea | Pusat Promosi
Copyright © 2011. Ebed Allan Derosary - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modify by CaraGampang.Com
Proudly powered by Blogger