Selamat datang di Flores Island

KSOP Laurens Say Maumere Tidak Mempersulit

Senin, 25 November 20130 komentar

Kepala KSOP Laurens Say Maumere, Wilibrodus Taal
Pihak otoritas pelabuhan Laurens Say Maumere tidak ada niat mempersulit dan menghambat perusahaan pelayaran yang akan beroperasi di Maumere. Hal ini ditegaskan Wilibrodus Thaal, Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas pelabuhan Laurens Say,Maumere kepada floresbangkit.com yang menemuinya di kantornya, Senin (23/09/2013). 

Memeriksa Dokumen

Wilibrodus menyebutkan, pihaknya membuka ruang bagi setiap perusahaan pelayaran yang ingin beroperasi di kabupaten Sikka bila sudah mengantongi perijinan dari direktorat jenderal perhubungan laut pusat di Jakarta. “ Saya senang dan berterima kasih bila ada perusahaan pelayaran yang ingin beroperasi di Maumere. Ini bisa menyerap tenaga kerja dan mendatangkan pemasukan bagi daerah “ ujar wili.  Perusahaan cuma melapor ke KSOP Maumere dan setelah dipelajari dokumennya maka pihak otoritas akan mengeluarkan rekomendasi. Sebelumnya diberitakan, Direktur PT. Eltrans Trans Nusantarae (ETN) cabang Maumere, Pedrico da Silva, dalam siaran persnya, Jumat (13/09/2013) menyayangkan sikap KSOP Laurens Say, Maumere yang belum memberikan rekomendasi kepada Dirjen Perhubungan Laut di kementrian perhubungan di Jakarta untuk penetapan PT ETN Cabang Maumere sebagai operator kedua kapal itu. Pihak Dirjen pun sudah menunggu rekomendasi itu dan kedua kapal sudah siap diberangkatkan ke Maumere,” kata Pedrico, putera Sikka ini. Kedua kapal penumpang yang dimaksud adalah KM Eltrans 03 berkapasitas 65 orang dan KM Eltrans 08 berkapasitas 22 orang. Kedua kapal tersebut dilengkapi dengan berbagai peralatan moderen seperti GPS System melalui satelit, sekoci, dan pelampung yang merupakan ketentuan teknis untuk kenyamanan, keamanan, dan keselamatan pelayaran.


Masalah Komunikasi 

Menurut Wili, KSOP Maumere hanya memeriksa izin pendirian perusahaan pelayaran dan periksa kapalnya sedangkan izin trayek untuk transportasi antar pulau di urus di dinas perhubungan  kabupaten Sikka. “ Kami cuma menjalankan fungsi pengawasan keselamatan pelayaran “ tambah Wili. Disebutkan Wili, bila semua surat sudah lengkap dikantongi PT. ETN maka pihak KSOP Laurens Say secepatnya akan mengeluarkan rekomendasi agar kedua kapal tersebut bisa segera beroperasi. “ Ini sebenarnya masalah komunikasi saja. Saya juga sudah bicarakan dengan pak Pedrico. Kami siap membantu, apalagi beliau putra daerah yang ingin membuka perusahaaan disini “ kata Wili. Disebutkan Wili, setelah kapal tiba di Maumere dan sudah ada SK dan ijinnya,pihak KSOP Laurens Say akan segera mengecek kelengkapan kapal sesuai peraturan sehingga bisa secepatnya beroperasi. ( Ebed )

Ebed de Rosary : wartawan media online  Flores Bangkit, www.floresbangkit.com
Blogg : derosaryebed.blogspot.com  dan  ebedallanderosary.blogspot.com

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Cara Gampang | Creating Website | Johny Template | Mas Templatea | Pusat Promosi
Copyright © 2011. Ebed Allan Derosary - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modify by CaraGampang.Com
Proudly powered by Blogger