Selamat datang di Flores Island

Tiga Tahun Terputus, Jalan di Desa Nebe Belum Diperbaiki

Selasa, 26 November 20130 komentar


 

Jalan aspal yang menghubungkan desa nebe dan desa Wailamun kecamatan Talibura kabupaten Sikka tergerus air kali Nangagete dan putus sepanjang ± 100 meter. Jalan yang berada 500 meter dari jalan negara Trans Flores dan berada di dusun Lalankleler desa Nebe tersebut sejak tahun 2011 belum diperbaiki. 

Akan Diperbaiki

Ketika Floresbangkit.com meninjau lokasi ini, Senin (21/10/2013) terlihat gerusan air bukan cuma memutuskan jalan tetapi menggerus hingga kebun sebeleh barat jalan sepanjang ± 5 meter dari bibir kali. Kendaraan yang melintas harus melewati jalan tanah darurat di kebun milik warga. Kepala desa Nebe, Bonifasius Nong yang disambangi di kantornya sedang mengadakan rapat evaluasi di kantor camat Talibura. Ketika dihubungi via telepon, Boni mengatakan memang jalan ini akan segera diperbaiki setelah berulang kali dia sampaikan kepada anggota DPRD, Kadis Pu dan Bupati Sikka. “ Bapak bupati sudah melihat lokasi minggu lalu dan memerintahkan dinas PU untuk segera ditindaklanjuti ‘ ujar Boni. 


 Ditambahkan Kades Boni, dari dana usulan awal BPBD,Bina Marga dan UPR sebesar 2,2 miliar rupiah dialokasikan 1,1 miliar rupiah.” Usualan awal memakai dana APBD propinsi, tetapi dana tidak ada sehingga diusulkan ke pusat dan cuma dikabulkan setengahnya saja “ tambahnya. Jika dilihat, jalan tersebut bila dibangun kembali harus dipadatkan terlebih dahulu dan dibuat tanggul penahan banjir di sisi timurnya. Ketika disinggung mengenai hal ini, Boni menjelaskan; hal ini sudah disampaikan ke dinas PU dan setelah disurvei, sebelum dibangun akan dibuat alur air di sisi timur.” Mau ditimbun dulu dan dibuat bronjong. Juga harus pakai trip biar bisa tampung batu pasir ‘ sebut Boni. Dikatakan Boni, Dinas PU Pertambangan dan Energi kabupaten Sikka sudah membicarakan ini dan dalam waktu dekat akan diadakan pelelangan item pengerjaan. “ Saya baru saja telepon PPK 15 di Dinas PU, mereka minta surat usulan dari desa dan secepatnya akan diadakan pelelangan proyek pengerjaannya “ bebernya.
Bila tidak secepatnya diperbaiki, musin hujan yang segera tiba membuat air kali kembali menggerus hingga beberapa meter lagi melewati badan jalan yang berakibat pada membengkaknya anggaran perbaikan. ( Ebed )

Ebed de Rosary : wartawan media online  Flores Bangkit, www.floresbangkit.com
Blogg : derosaryebed.blogspot.com  dan  ebedallanderosary.blogspot.com

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Cara Gampang | Creating Website | Johny Template | Mas Templatea | Pusat Promosi
Copyright © 2011. Ebed Allan Derosary - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modify by CaraGampang.Com
Proudly powered by Blogger